Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

SEDIKIT TENTANG SEO

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog SEO alias search engine optimization adalah upaya pengoptimalan website ataupun blog agar menang atau paling tidak nongkrong di halaman pertama search engine (10 ten).

Jika anda membuat blog atau website dengan tujuan komersiil, hal ini sangat penting karena ini mnyangkut berhasil atau tidaknya website atau blog anda menghasilkan uang.

menang di search engine = trafic pengunjung gratis
Dan jumlah trafic berbanding lurus dengan jumlah klik iklan di blog anda, berbanding lurus dengan penjualan yang terjadi (jika anda menjual barang di website) dan otomatis berbanding lurus dengan penghasilan anda.

Saya akan mengulas sedikit tentang SEO di posting ini.

Pada prinsipnya begini, seo terdiri dari tiga hal pokok :

1. Pemilihan kata kunci
Hal ini merupakan pokok utama sebelum anda memutuskan untuk membuat blog/website. Kata kunci merupakan kumpulan kata yang biasa orang tulis di kotak pencari search engine. Pemilihan kata kunci yang salah mengakibatkan kerja keras anda tidak akan maksimal atau bahkan sia-sia.

Saya pernah mengalami ini, sebagai contoh salah satu website saya, karena saya hobi burung berkicau dan berfikir banyak orang yang hobby burung, maka dulu saya putuskan untuk membuat website dengan tema burung berkicau.

Lalu apa yang salah dengan ini. Salah besar, karena tujuan saya adalah untuk mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Nilai klik dari iklan PPC Indonesia relatif kecil jika di bandingkan dengan google adsense. (Menurut pengalaman saya untuk PPC Indonesia maksimal penghasilan per klik dikisaran Rp 400, sedangkan adsense bisa $ 1.45 perkliknya.)

Setelah saya optimisasi website tersebut menang di banyak kata kunci yang menurut prediksi saya strategis, bahkan untuk kata kunci tunggal “burung” beberapa waktu yang lalu saya cek nongkrong di ranking 3 google menang dari beberapa puluh juta halaman pesaing.

Tapi karena kata kunci tersebut jarang ditulis orang di search engine (hanya sedikit orang yg cari informasi tentang burung di internet), maka website tersebut hanya bisa mendapatkan sekitar 400 orang pengunjung tiap harinya.

“BUAT APA MENANG DI SEARCH ENGINE UNTUK KATA KUNCI / TEMA YANG JARANG DICARI ORANG DI INTERNET”

Untuk itulah sebelum anda memilih tema, maka pertimbangkanlah untuk melakukan riset kata kunci (keywords reseach).

Riset kata kunci adalah usaha untuk mencari tahu kata kunci yang sering di tulis orang di search engine. Caranya anda bisa gunakan wordtracker, google sandbox ataupun software pencari kata kunci. Atau jika anda punya banyak waktu luang anda bisa coba memasukkan huruf awal dari kata kunci anda di search engine (mis:huruf “c”) dan search engine akan menebak lanjutan dari ketikkan anda tersebut seperti :

cara membuat website
cara membuat blog
cara membuat mie
cara membuat bakso
dst.

Makin diatas posisi kata kunci yang di suggest oleh search engine, tandanya kata kunci itu lebih sering di ketik orang.

Kelemahan metode ini selain lama, ia hanya menampilkan kata kunci dan jumlah pesaing. Untuk riset diperlukan juga prediksi jumlah pencarian perhari.

SAYA BINGUNG DAN MALES MELAKUKAN KEYWORDS RESEACH ATAUPUN SEO!!!
Wah kalo anda males untuk riset kata kunci tapi mau trafic ribuan orang perhari, sebenarnya masih ada jalan lain.

Caranya gampang aja.
Misalkan anda bikin satu halaman posting dengan tema yang cuma dicari sekitar 10 orang perhari, jika anda ingin pengunjung seribu sehari yah tinggal bikin aja 100 posting lagi dengan tema yang berbeda. Kan 100 x 10 = 1.000 iya gak.

Jangan kuatir 100 posting anda gak bisa menang di search engine !!
Percaya deh sama saya kalo para ahli SEO gak akan bikin posting yang cuman sedikit di cari orang.

Para ahli SEO umumnya hanya menarget kata kunci yang sangat prospektif menghasil ribuan pengunjung hanya dari beberapa kata kunci saja.

Misalkan hanya dengan 10 – 20 posting tapi bisa menghasilkan ribuan pengunjung dan ini tingkat persaingannya sangat berat.

Saya mempunyai sebuah website yang hanya punya sekitar 20 halaman tapi bisa menghasilkan ribuan pengunjung sehari setelah di optimisasi.

Tapi di satu sisi, saya juga punya blog yang tidak begitu saya perhatikan aspek SEO nya tapi bisa menghasilkan hampir 1.000 orang perhari. Tapi blog ini punya sekitar 150 posting.

Terserah mana yang lebih cocok untuk anda ?

Nah kalo anda lebih cocok dengan pilihan yang pertama, silahkan lanjutkan baca langkah selanjutnya.

2. On-site SEO
Onsite SEO = optimisasi isi dari halaman website/blog. Disini anda harus menggunakan kata kunci pada setiap kesempatan didalam website/ blog anda. Banyak para master SEO menganggap konten (isi posting) adalah segalanya. Tapi detilnya dilain kesempatan aja yah, cape deh….

3. Off-site SEO
Off-site SEO = optimisasi tanpa merubah isi website/blog anda. Disini intinya adalah link building. Detilnya juga dilain kesempatan.

0 komentar on SEDIKIT TENTANG SEO :

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..