Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

Cara Menggunakan Android

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog

Apakah anda baru membeli handphone Android namun bingung untuk menggunakannya? Bila ya, ada baiknya anda membaca postingan saya kali ini. Saya akan mengajarkan kepada anda cara menggunakan Android untuk Pemula.

Memang tidak semua ponsel Android memiliki tampilan antar muka (interface) yang sama, namun cara yang kami ajarkan adalah cara yang biasa digunakan pada handphone Android pada umumnya.

Cara Unlock Screen (membuka kunci telepon)

Tekan pada ikon “gambar gembok” dan tahan, jangan dilepaskan sambil ditarik ke arah panah, biasanya ditarik ke arah kanan hingga handphone tidak terkunci lagi.

Cara Lock Screen (Mengunci telepon)


Anda cukup menekan tombol power / on-off, namun tombol jangan ditahan, layar akan mati dan telepon akan otomatis terkunci.

Fungsi Tombol-Tombol pada Handphone Android

Untuk mengoperasikan handphone Android, selain menggunakan layarnya, biasanya handphone akan dilengkapi oleh minimal 3 buah tombol fisik atau tombol sentuh yang (biasanya) akan diletakkan tepat dibawah layar.

Ketiga tombol tersebut adalah tombol “menu”, tombol “home” dan tombol “back”. Urutan penempatan tombol bisa saja berbeda antara satu HP dengan HP lainnya.

Tombol “menu” berguna untuk menampilkan pilihan tambahan dari setiap aktifitas yang dilakukan. Misalnya pada saat anda berada di home screen atau layar utama, bila anda menekan tombol menu, maka akan muncul pilihan setting, wallpaper, notifications, dll.

Tombol “Home” berguna untuk membawa anda ke home screen atau kembali ke layar utama

Tombol “Back” berguna untuk membatalkan pilihan atau kembali ke pilihan sebelumnya

Cara Membuka Notification Panel

Setiap ada email, SMS, pesan YM, Facebook, Informasi file transfer yang sedang berlangsung, dll akan diinformasikan melalui panel notifikasi (notification panel). Untuk membuka panel notifikasi dapat dilakukan dengan cara menyentuh dan tahan bagian atas layar HP (bagian dimana terlihat status baterai, status sinyal, dll) setelah itu geser notification panel ke arah bawah hingga terbuka.

Pada beberapa tipe HP Android, anda dapat membuka panel notifikasi dengan cara tombol “home” lalu tekan tombol “menu” lalu pilih “Notifications” atau “notifikasi”.

Cara Mengubah Bahasa Handphone Android

Untuk mengubah bahasa pada menu, yang harus anda lakukan adalah pergi ke layar utama dengan menekan tombol “home” lalu tekan tombol “menu” setelah itu pilih settings (Pengaturan), lalu pilih “Language & Keyboard” (Bahasa & Keyboard) setelah itu anda dapat mengganti bahasa dengan cara menyentuh “Select Locale” (Pilih Tempat). Catatan: tidak semua handphone Android tersedia pilihan Bahasa Indonesia.

Cara Melakukan Panggilan Telepon Android

Untuk melakukan panggilan telepon, anda perlu menekan gambar “gagang telepon” pada layar utama lalu tekan nomor tujuan setelah itu tekan tombol call yang biasanya berlatar belakang warna hijau.

Untuk melakukan panggilan melalui daftar telepon yang perlu anda lakukan adalah pergi ke aplikasi contacts atau phonebook atau buku telepon (tergantung jenis dan tipe handphone Android Anda) setelah itu cari nama orang yang hendak anda hubungi dengan cara menekan tombol “menu” lalu pilih “search” lalu ketikkan nama orang yang dicari. Setelah menemukannya, silahkan sentuh di nama orang tersebut dan pilih Call.

Cara Menerima Panggilan Telepon Android


Untuk menerima panggilan telepon, hampir sama caranya seperti Unlock Screen (membuka tombol kunci). Anda harus menyentuh dan menahan ikon bergambar gagang telepon atau bertuliskan “Answer Call” dan geser ke kanan ketika ada telepon masuk.

Cara Mematikan Panggilan Telepon yang Sedang berlangsung

Banyak handphone Android yang tidak dilengkapi dengan tombol untuk mengakhiri telepon (End Button), jadi untuk mengakhiri telepon yang harus dilakukan adalah membuka “notification panel” setelah itu anda dapat mengakhiri telepon dengan cara menekan tombol gagang telepon berwarna merah (End Call).

Cara Mengaktifkan Aplikasi Android

Untuk mengaktifkan aplikasi Android anda hanya perlu pergi ke daftar aplikasi yang terinstall pada HP Android atau biasa disebut app drawer atau application drawer dengan menyentuh ikon app drawer di halaman utama / Home screen. Setelah itu untuk menjalankan aplikasi, anda hanya perlu menyentuh ikon aplikasi pilihan anda.

Cara Mematikan Aplikasi Android

Apabila anda tidak dapat menemukan tombol exit pada aplikasi yang sedang berjalan, maka untuk mematikan aplikasi Android, anda harus menekan tombol “menu” terlebih dahulu lalu mencari tekan exit.

Beberapa aplikasi Android tidak dilengkapi dengan tombol Exit. Untuk aplikasi-aplikasi Android yang tidak dilengkapi dengan tombol exit, anda hanya cukup menekan tombol Home untuk keluar dari aplikasi dan aplikasi secara otomatis berjalan di ­background.

Apakah aplikasi yang berjalan di background akan memberatkan sistem? Tidak juga, untuk lebih jelasnya anda dapat membaca artikel berikut: Jangan Gunakan Android Task Killer

Cara Menaruh Aplikasi Favorit di Layar Utama

Untuk meletakkan ikon aplikasi favorit atau yang sering digunakan di layar utama, yang harus anda lakukan adalah pergi ke App Drawer lalu sentuh dan tahan aplikasi yang dipilih dan secara otomatis tampilan layar akan berubah menjadi layar utama, setelah itu lepaskan. Jika ingin mengatur posisi ikon aplikasi, anda hanya cukup menyentuh ikon, lalu tahan dan geser ke posisi yang diinginkan.

Untuk menghilangkan ikon aplikasi dari layar utama yang harus anda lakukan adalah sentuh ikon aplikasi, tahan lalu geser ke arah “tong sampah” Hal ini tidak akan menghapus program atau uninstall aplikasi, hanya menghapus ikonnya saja di layar utama. Anda tetap dapat menemukan ikon aplikasi di app drawer.

Cara Mengaktifkan / Menonaktifkan Bluetooth

Untuk mengaktifkan Bluetooth, pergi ke layar utama dengan menekan tombol “home” lalu tekan tombol “menu” setelah itu pilih settings (Pengaturan), lalu pilih “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan) lalu aktifkan Bluetooth dengan cara memberi tanda centang / check list.

Cara Mengirim File Lewat Bluetooth Android

Untuk dapat mengirim file seperti Gambar, Video, dll yang harus anda lakukan adalah pergi ke Gallery atau lokasi dimana file-file pribadi anda diletakkan, lalu pilih menu share atau “berbagi” setelah itu pilih Bluetooth. Ponsel Android akan secara otomatis mencari perangkat yang Bluetooth-nya sedang aktif, setelah tertera pada layar, silahkan pilih perangkat yang hendak menerima file.

Beberapa pengguna handphone Android mengatakan bahwa ada jenis-jenis file yang tidak dapat dikirimkan oleh HP Android, misalnya file music. Hal ini tidaklah benar, untuk mengirimkan file music, anda dapat menggunakan aplikasi file manager. Apabila aplikasi tersebut tidak terdapat pada ponsel, anda dapat mengunduhnya (download) secara gratis dari Android Market.

Cara mengirimkan file menggunakan Bluetooth melalui aplikasi file manager caranya tidak ada berbeda seperti mengirim file lewat Gallery. Anda hanya perlu mencari lokasi file yang hendak dikirim lalu pilih menu share atau terkadang ditulis send (tergantung aplikasi file manager yang digunakan) lalu pilih media Bluetooth.

Cara Menerima File Lewat Bluetooth Android

Untuk dapat menerima file lewat Bluetooth untuk pertama kalinya, selain Bluetooth pada handphone anda harus aktif, anda juga harus membuat HP Android anda “terdeteksi” atau visible atau Discoverable.

Caranya pergi ke layar utama dengan menekan tombol “home” lalu tekan tombol “menu” setelah itu pilih settings (Pengaturan), lalu pilih “Wireless & Networks” (Nirkabel dan Jaringan) lalu pilih “Pengaturan Bluetooth” (Bluetooth settings), setelah itu beri tanda centang pada pilihan “Terdeteksi” atau “Discoverable”. Handphone Android anda akan dapat terdeteksi oleh perangkat lainnya selama beberapa saat.

Cara Install Aplikasi Android

Tutorial lengkap cara Install Aplikasi Android dapat anda lihat pada artikel berikut: Tiga Cara Install Aplikasi Android

Cara Uninstall Aplikasi Android

Untuk menghapus aplikasi Android dari ponsel anda, yang harus anda lakukan adalah pergi ke layar utama dengan menekan tombol “home” lalu tekan tombol “menu” setelah itu pilih settings / Pengaturan, pilih “Applications” atau “Aplikasi”, pilih “Manage Applications” (Kelola Aplikasi) pilih aplikasi yang hendak dihapus lalu pilih “Uninstall” (Hapus Aplikasi)

Demikianlah tutorial cara penggunaan Android dari kami, apabila ada yang ingin ditanyakan, kurang lengkap atau kurang jelas, bisa anda tuliskan pada form komentar dibawah. Semoga membantu :)

0 komentar on Cara Menggunakan Android :

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..