Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

Ditemukan Cacing Hati pada Sapi Kurban

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog
Serba salah ya,,,??????



Sejumlah bocah membawa tulang hewan kurban dari Mesjid At-Taqwa, Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (16/11/2010). Tahun ini panitia kurban Mesjid At-Taqwa menyiapkan 600 paket berisi satu kilogram daging kurban dari enam ekor sapi dan empat ekor kambing yang mereka terima.
 
 
 
GRESIK, Hasil pemeriksaan hewan kurban pasca disembelih di Kabupaten Gresik, Rabu (17/11) ditemukan cacing hati atau Fasciola hepatica pada dua ekor sapi. Petugas pemeriksaan hewan kurban dari Dinas kelautan Perikanan dan Peternakan, Devi Kartika Sari menuturkan hati sapi itu harus diapkir atau dibuang karena tidak layak konsumsi, sementara dagingnya tidak ada-apa.
Cacing hati bentuknya segi tiga, pipih, berwarna abu-abu kehijauan sampai kecoklatan. Panjangnya mencapai 2 sentimeter hingga 3 cm, penularannya melalui pakan dan air, khususnya pakan hijauan yang dicemari larva. Cacing hati hidup di usus ternak dan memroduksi banyak telur pada musim hujan. Cacing hati memerlukan kondisi lingkungan yang basah, dan bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik bila tempat hidupnya berada pada kondisi lembab.
Kepala Subdinas Peternakan, Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik, Susanto menuturkan ada dua macam pemeriksaan yaitu pemeriksaan ante mortem (sebelum hewan disembelih) dan post mortem (setelah hewan disembelih). Pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih dilaksanakan mulai tujuh hari sebelum hari raya kurban yaitu 10 November 16 Nopember. Pemeriksaan itu untuk mengantisipasi terjangkitnya zoonosis (penyakit hewan) termasuk antraks.
Pada Hari H saat hari raya Idul Adha dan saat penyembelihan hewan kurban, dilakukan pemeriksaan post mortem yaitu pemeriksaan di tempat penyembelihan yang biasanya dilakukan di masjid, musholla maupun di kampung-kampung. Pemeriksaan ini dilakukan pada hewan yang telah disembelih. "Pemeriksaan pada kelenjar limfe gunanya untuk menemukan peradangan, menemukan cacing pada pencernaan, paru dan hati. Kalau ditemukan cacing pada organ tersebut, maka organ tersebut harus diafkir," jelas Susanto.
Menurut Susanto, masyarakat bisa mengidentifikasi ternak kurban sehat. Tipsnya sederhana dan bisa dilakukan oleh orang awam terutama bagi pembeli hewan kurban, dengan meraba bagian dada, pinggang, ketiak dan dipastikan tidak ada pembengkakan. Alat kelamin luar (testis) harus sama dan simetris, ujarnya.
Dia menambahkan saat memilih hewan kurban sebaiknya bertanya dan yakin bahwa hewan yang dibeli bebas Antraks. Gejala terkena antraks seperti demam, pernapasan lemah, diare dan ada darah saat berak.

0 komentar on Ditemukan Cacing Hati pada Sapi Kurban :

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..