Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog

Mbah Marijan, Sosok Sederhana Penjaga Merapi

Tag:, ,
 
i
 
1 Votes
Quantcast

Mbah Marijan Sang Juru Kunci Merapi
Mas Panewu Surakso Hargo merupakan nama asli Mbah Marijan. Beliau lahir di Dukuh Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1927. Mbah Marijan adalah sosok terpilih yang dipercaya oleh Sri Sultan Hamengkubuwana IX untuk menjadi Juru Kunci Gunung Merapi  sejak tahun 1982. Sebenarnya sejak tahun 1970 pun Raden Ngabehi Surakso Hargo (Mbah Marijan) ini telah menjabat sebagai wakil Juru Kunci Gunung Merapi.
Alinea pertama di atas merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Meski saya pernah membaca bahwa Sri Sultan Hamengku Buwono X  justru mengatakan bahwa Mbah Marijan bukanlah Juru Kunci Gunung Merapi melainkan sebagai Juru Kunci keraton untuk sebuah upacara di Gunung Merapi. Apakah Mbah Marijan adalah Juru Kunci Gunung Merapi atau bukan bukanlah sebuah persoalan bagi kita saat ini. Terlebih kita mengenal beliau berkat sikap kesederhanaanya yang tak gentar terhadap amarah Gunung Merapi.
Terkenalnya Sosok Sederhana
Jujur, sebelumnya kita tak mengenal siapa itu Mbah Marijan. Namun sejak kejadian mau meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2006, yang pada saat itu justru Mbah Marijan enggan menuruti Sultan Hamengku Buwono X untuk meninggalkan Gunung Merapi. Saat itu mbah Marijan menuai pujian juga kecaman. Pujian atas keberanian beliau untuk tetap bertahan. Dan seperti yang kita ketahui bersama, pada tahun 2006 itu Gunung Merapi tak benar-benar meletus.
Keberanian lelaki sederhana ini membuatnya dikenal, bahkan beliau pun di daulat untuk membintangi salah satu produk minuman berenergi. Namun beliau meski pun telah terkenal bahkan bintang iklan, tidak membuatnya angkuh dan merubah tatanan kesederhanaanya. Bahkan konon kabarnya penghasilan dari honor menjadi bintang iklan pun tidak ia nikmati sendiri. Masyarakat sekitar pun menikmati hasilnya.
Mbah Marijan Misteriuskah?
Kalau mendengar kata Juru Kunci Gunung Merapi, kita terkadang membayangkan bahwa sosok yang memegang amanah ini adalah sosok yang sakti mandraguna. Memiliki ilmu yang langka dimiliki manusia. Apakah Mbah Marijan adalah sosok yang berbau mistik dan klenik? Saya tidak bisa memastikannya, tapi saya membaca dari mereka yang menyatakan telah bersua dengannya bahwa Mbah Marijan adalah sosok yang soleh dan taat beribadah sesuai ajaran agamanya. Mbah Marijan merupakan muslim yang taat, begitulah keimpulan yang saya dapat.
Akhir Kehidupan Mbah Marijan
Tentu saja yang saya maksud akhir kehidupan ini adalah akhir kehidupannya di dunia untuk memasuki awal kehidupan yang abadi di akhirat.Mbah Marijan meninggal pada tanggal 26 Oktober 2010, saat terjadi letusan Gunung Merapi yang disertai awan panas. Gulungan awan panas itu meluncur turun melewati tempat tinggalnya Mbah Marijan. Seperti yang kita ketahui dari berita, bahwa Mbah Marijan meninggal dengan posisi sujud. Begitulah tampak dari jasadnya. Seperti apa yang disampaikan Sultan Hamengkubuwono X, bahwa Mbah Marijan meninggal saat melaksanakan sholat maghrib. Benar atau tidak, toh di mata kita semua Mbah Marijan meninggal dalam keadaan yang indah. Dan akhir kehidupan Mbah Marijan memberikan hikmah kepada kita bahwa dalam keadaan apa pun kita semestinya senantiasa dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Moga almarhum diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT. Amin.

0 komentar on :

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..