Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

BloggeR Ragu Tidak Bisa Maju

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog Sudah puluhan kali posting artikel tapi masih belum yakin pada kualitas tulisan sendiri? Memangnya ada blogger demikian? Saya yakin blogger pemula banyak yang mengalami demikian. Yang sudah malang melintang di jagad blogging saja masih sering mengalaminya. Sikap tidak yakin akan kemampuan menulis salah satunya disebabkan karena munculnya keraguan dalam beberapa hal. Diantaranya adalah:
Apakah saya telah memilih topik yang tepat?

Topik, topik dan topik. Ini yang jadi dilema sejuta blogger pemula. Mau nulis apa ya? Bicara marketing kok kesannya too high. Ngobrol musik dang&dut kesannya jadul. Yang terjadi adalah asal tulis dan asal comot kata-kata populer. Pantas saja nggak yakin pada kualitas tulisan, lha referensinya saja dangkal.

Solusinya adalah rajin menulis dengan disertai upaya menambah kemampuan diri. Misalnya: posting teratur 2 hari sekali, menambah perbendaharaan kata, baca jurnal ilmiah, baca buku cetak dan lain-lain. Jangan harap bisa menemukan topik terbaik kalau malas baca referensi, baik dari dalam maupun luar negeri.
Bagaimana jadinya kalau tidak ada seorang pun yang mau membaca tulisan saya?

Saya tidak percaya kalau tidak ada satu orang pun yang baca tulisan Anda. Paling tidak scrawler mesin pencari Google sudah mendeteksi keberadaan tulisan. Tidak perlu khawatir dibilang bodoh hanya karena tidak ada komentar yang masuk. Anggap saja kegiatan menulis adalah proses belajar menuju tingkat expert.

Perlu sedikit sikap cuek dalam hal ini. Nggak usah nelangsa kalau traffic minim. Mungkin ini berarti kesempatan buat Anda untuk membaca lebih banyak referensi agar pembaca betah berlama-lama nongkrong di blog. Plus sekalian menyiapkan senjata ampuh untuk penulisan selanjutnya.

Apakah tulisan saya cukup segar dibaca?

Ada keraguan yang terlintas, apa mereka ngerti gaya bahasa tulisan saya? Apa saya cukup pintar memenuhi selera pembaca? Tidak ada jawaban terbaik selain: just be yourself! Selama tulisan Anda bukan hasil spinning ataupun copas Google translate, saya yakin pembaca akan menyukainya.

Loh, saya kan nggak pernah gaul sama blogger lain, apa saya tahu model tulisan yang up to date. Hari gini nggak tahu perkembangan berita? Kemana aja bang? Portal berita bayak, forum diskusi menjamur dimana-mana, timeline tiap menit ada update, chat room juga sering on. Kecuali kalau tiap hari hobbinya tidur, pantas saja nggak tahu peradaban jaman.

Apakah isi tulisan saya benar atau salah?




Untuk artikel akademis dan bersifat ilmiah, benar dan salah bisa dibuktikan melalui referensi terpercaya di bidangnya. Dalam hal ini sering-seringlah membaca dokumentasi peristiwa, jurnal ilmiah, press release hasil penelitian dan aneka ebook lain yang tersedia gratis di internet.

Sedangkan tulisan yang bersumber dari pergaulan masyarakat, label benar dan salah bisa jadi semakin tersamar seiring dengan berkembangnya era informasi dengan limpahan akses tak terbatas. Apalagi kalau peristiwa bermuatan pro dan kontra, Anda bisa nimbrung cuap-cuap dengan tulisan opini dan nggak perlu takut validitas tulisan. Pasti ada saja yang bakal membantu penyebaran ide Anda.
Apakah saya terlalu banyak menulis artikel curhat?

Menyertakan pengalaman pribadi dalam artikel memang bagus dalam upaya ‘memanusiakan’ pembaca. Namun untuk blog yang ditujukan untuk sharing ilmu pengetahuan, tulisan-tulisan curhat harus diminimalkan. Kalaupun sampai kelepasan nulis, hendaknya ‘dibungkus’ dengan rapi supaya nggak terlihat sama dengan artikel curhat.

Untuk itulah sejak dua bulan ini saya aktif menulis di beberapa blog dengan topik yang berbeda-beda. Tujuannya supaya pembaca nggak kebingungan memahami tulisan. Untuk tulisan curhat dan media menampung #kegalauan hati, saya menuliskan tiap hari di blog Rully Varadita Cekidot ya.
Apakah ada jaminan saya akan sukses?

Nah, yang ini adalah pertanyaan pamungkas. Apakah ada jaminan tulisan saya akan sukses dibaca ribuan pengunjung? Dengan tegas saya jawab: tidak ada. Bahkan bila Anda berguru menulis di Sekolah Menulis Online sekali pun tidak serta merta menjadi jalan sukses dalam hal blogging.


Tips dan trik menulis bisa dicari, namun selanjutnya tindakan yang Anda pilih adalah yang menentukan masa depan. Tetap bangga dengan keadaan saat ini atau maju selangkah dengan berbagai tantangan yang ada. Yang pasti, tidak ada ceritanya orang sukses hanya dengan berdiam diri. Lha wong pelihara tuyul aja masih perlu mondar-mandir cari sesajen kok. Hehehe.

Gimana, ada yang masih ragu dengan jalur ngeblognya? Curhat dong…

1 komentar:

Ladida Cafe said... March 22, 2011 at 10:09 PM

saya percaya dgn kualitas gaya menulis saya, krn itulah gaya saya, heheee.

thanks sob, .

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..