Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

4 Cara untuk Membangun Kredibilitas Anda sebagai Blogger

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog
Menurut Wikipedia, kredibilitas adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Dalam kaitannya dengan dunia blogging, seberapa pentingkah kredibilitas yang baik untuk seorang blogger? Jawabannya mungkin relatif. Bagi yang sekadar iseng atau menjadikan blog sebatas sarana untuk curhat, kredibilitas mungkin tidak penting buatnya.

Namun untuk blogger yang ngeblog sebagai sarana aktualisasi diri, mengasah kemampuan menulis, mencari penghasilan online, atau bahkan sebatas sarana berbagi, maka kredibilitas yang baik cukup penting menurut saya. Selain demi membangun image atau citra yang positif di mata pengunjung, kredibilitas yang baik juga sangat penting sebagai pondasi untuk memonetisasi blog di kemudian hari.

1. Mengungkap sumber postingan secara jujur.

Apakah itu berasal dari pengalaman sendiri, pendapat pribadi, hasil pengamatan anda, atau berdasarkan kutipan dari sumber lain. Kejujuran anda dalam hal ini akan memunculkan respek dari pengunjung. Dalam hal ini termasuk pula menyisipkan link halaman sumber kutipan (jika mengutip dari website/blog lain). Bukan sekadar link halaman utama atau bahkan cuma berupa teks. Hal ini selain sebagai wujud etika pengutipan, juga sebagai bentuk pertanggungjawaban anda terhadap isi postingan bersangkutan.

2. Fokus pada topik yang disukai.

Kedengarannya mungkin klise. Tapi jika benar-benar anda hayati dan praktekkan secara konsisten, lama-lama anda bisa membentuk karakter anda sendiri. Semakin anda FOKUS dan MENDALAMI topik yang anda sukai, biasanya karakter anda pun akan semakin kuat. Kredibilitas anda akan mulai terbangun dari situ.

Blog dengan beragam topik mungkin akan sangat menguntungkan dari sisi trafik. Namun perkembangan dunia online ke depannya nanti saya kira akan mengarah kepada spesialisasi. Dan blog-blog yang punya niche khusus lebih berpotensi untuk memikat pengunjung dalam jangka panjang.

3. Hindari memberikan tutorial tanpa didahului praktek.


Sebaiknya anda hanya fokus memberikan tutorial (tips praktis) yang telah benar-benar anda praktekkan sebelumnya. Jadi tidak sekedar mencomot dari sumber lain tanpa pengalaman pribadi. Dari situ, kredibilitas anda akan terbangun dengan baik dan kuat. Pengunjung akan merasakan bahwa anda benar-benar HADIR dan MENGUASAI tutorial yang anda berikan. Jadi tidak sekadar menyampaikan tanpa pengalaman.

4. Hindari memohon backlink atau pertukaran link dengan blogger lain.


Cobalah untuk menjalani dan menikmati proses secara alami. Insya Allah akan terasa jauh lebih indah dan menyenangkan. Backlink yang diperoleh dari ketulusan blogger lain akan lebih memberikan kepuasan batin ketimbang hasil memohon/mengemis (walau secara halus).

Jika memang blog anda dianggap bagus atau menarik untuk terus dikunjungi, yakin deh, backlink dari blogger lain pun pasti akan anda tuai. Pelan tapi pasti. Asalkan anda juga tidak pelit berbagi backlink dan mengutamakan memberi terlebih dahulu. Termasuk berusaha menjalin hubungan yang baik dulu dengan sesama rekan blogger. Itu sudah sangat baik sebagai modal untuk memperoleh backlink tanpa diminta.

Terlebih jika konten yang anda tulis dinilai sangat bermanfaat, unik, atau layak untuk disebarluaskan. Maka backlink pun akan anda peroleh tanpa anda minta. Seperti yang tertulis pada artikel Manfaat Menulis Konten yang Unik dan Orisinil.

***

Ok. Cukup 4 poin dulu deh yang bisa saya sharingkan kepada rekan-rekan sekalian. Mungkin hal-hal di atas terkesan sepele atau klise. Namun dari hal-hal yang sederhana tersebut, saya kira pengaruhnya akan sangat baik bagi kredibilitas kita sebagai blogger.

Saya pribadi tak menutup kemungkinan masih melalaikan salah satu dari 4 poin di atas. Semoga tulisan ini berfungsi sebagai pengingat bagi diri saya sendiri.


Mungkin ada tambahan tips lain dari rekan-rekan?

Source

10 komentar on 4 Cara untuk Membangun Kredibilitas Anda sebagai Blogger :

iqlal said... April 18, 2011 at 1:29 AM

woww keren ni gan ...

RULLY VARADITA said... April 18, 2011 at 1:43 AM

@iqlal,Terima kasih atas pujian dan komentarnya,,namun jujur,,tidak semua blogger dapat menerapkan hal diatas tadi ,,begitu juga saya pribadi,,namun Insya Allah,,dengan perlahan saya akan mencoba untuk menerapkan semua di diri saya sendiri,

MbahDoyok said... April 18, 2011 at 7:34 AM

jadi kredibel susah mas :D
dan utk terus bisa secara kontinyu menjawab keinginan pengunjung tambah susah :D

Raffkhan said... April 18, 2011 at 11:38 AM

Ini baru namanya blogger..
Berkualitas..

Ini benar-benar hasil tulis anda kan?

Rully Varadita said... April 18, 2011 at 4:29 PM

@ mas doyok..iya memang mas,untuk melakukan hal diatas secara instan mungkin agak susah,,tapi kita harus berusaha untuk bisa semaksimal mungkin agar bisa menjadi blogger yang jujur,dan berkualitas..salam kenal ya mas doyok..

Rully Varadita said... April 18, 2011 at 4:31 PM

@rafikhan.ini adalah salah satu postingan pada POINT no 1..yaitu mengungkap sumber..saya mencantumkan sumber dengan kata source,dan itu telah saya beri link menuju ke web sumber dari postingan ini..terima kasih.

ika_uki (123horas) said... April 18, 2011 at 7:18 PM

wooiyaaa Krenn Brother..
hahahay.. pErlu saya terap kan niih.. hahahhaahh

Rully varadita said... April 18, 2011 at 7:26 PM

@ika,, kalau kita ingin maju,,kita harus mulai menerapkan dalam diri kita sendiri dulu...lambat laun akan terbiasa dan menjadikan kita blogger yang sukses......AMIN.

andapunbisa said... April 21, 2011 at 9:33 AM

salam kenal y....

birthday said... May 7, 2011 at 3:59 PM

matur nuwun terima kasih masukanya

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..