Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

Loading blog Berat,,Jangan selalu Menyalahkan Java script

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog Terkadang Blog kita dibilang orang,,kok beratnya minta ampun,,?? Atau blog kamu terlalu banyak widget atau java script jadi lama loadingnya,,dan bla bla bla,,,
Ya, jangan buru-buru menyalahkan banyaknya penggunaan script sebagai biang keladi atau tersangka utama. Terutama JavaScript

Jika saya simpulkan, sebenarnya ada banyak faktor yang turut mempengaruhi proses pemuatan (loading) halaman situs ketika kita akses. Di antara faktor tersebut yaitu :



1. Jenis koneksi yang digunakan user.
Apakah koneksi menggunakan kabel atau nirkabel? Jelas beda kecepatannya, bukan? (dengan kabel relatif jauh lebih cepat). Jika menggunakan modem wireless, jenis sinyal jaringan apa yang tertangkap? GPRS, 3G, 3,5G, HSDPA, HSUPA, EDGE, atau EVDO?
2. Kondisi koneksi/jaringan saat user berselancar.
Apakah pada jam-jam sibuk? Apakah pada saat trafik padat, sedang, atau sepi?
3. Kondisi perangkat jaringan ketika sedang berselancar.
Misalnya pemancar berupa BTS (jika menggunakan koneksi ‘mobile broadband’) atau pemancar sinyal dari ‘access-point’ (jika menggunakan koneksi wireless atau hot spot area). Berapa besar kapasitas ‘handle’-nya?
4. Kualitas dan kondisi perangkat keras yang digunakan untuk berselancar.
Misalnya spesifikasi komputer pengguna. Berapa Mb atau berapa Gb RAM-nya? (memori internal). Berapa space harddisk-nya? Apa merk dan versi prosesornya? Berapa kecepatannya dalam Mhz atau Ghz? Menggunakan modem merk apa dan berapa speed maksimal yang mampu disalurkannya?
5. Kualitas dan kondisi server tujuan saat user berselancar.
Apakah servernya merupakan server sendiri atau dipakai bersama-sama? Apa saja spesifikasi server tujuan? Apakah perangkat kerasnya sedang oke-oke saja atau sedang bermasalah? Apakah request yang diterimanya saat itu super padat, sedang, atau sepi?
6. Kondisi perangkat lunak komputer user.
Menggunakan peramban/browser apa? Versi terbaru atau lama? Apakah sistem operasi yang digunakan rajin dimaintenance atau digunakan sembarangan begitu saja? Apakah rajin didefrag secara berkala atau malah tidak pernah? Berapa persen penggunaan space yang digunakan untuk aplikasi-aplikasinya? Berapa persen space yang masih tersisa? Banyak virus/spyware/worm/trojan-kah? :D
7. Kondisi peramban yang digunakan saat berselancar.
Berapa banyak tab yang terbuka/digunakan? Apakah ada halaman lain di saat bersamaan yang juga masih dalam proses pemuatan? Apakah tidak sedang mengunduh suatu berkas di saat bersamaan? (misalnya MP3, video, gambar, atau master file piranti lunak tertentu). Berapa banyak pula window yang terbuka? Apakah membuka beberapa aplikasi sekaligus saat sedang berselancar? (misalnya sambil memutar musik, video, atau membuka program yang agak berat).

Nah, ketujuh faktor di atas sangat mempengaruhi kecepatan saat berselancar di dunia maya. Termasuk saat mengunduh halaman sebuah situs web. Jadi bukan semata persoalan script yang digunakan pada situs web yang berusaha dibuka. Bukan semata masalah JavaScript! Bukan pula (semata) persoalan CSS atau HTML.

Namun bukan berarti kita sebagai pemilik situs/blog bisa semaunya saja menggunakan script. Jika memang bermaksud menargetkan pengunjung secara lebih luas, mengapa tidak berusaha mendesain situs Anda lebih ramah dan mudah diakses?


Terdengar sangat ‘de-javu’ barangkali? :)

Bagaimanapun juga, untuk situs/blog yang masih dihosting pada server bersama, persoalan klise seputar penggunaan JavaScript tak bisa disepelekan begitu saja. Mohon koreksi jika ada pendapat di atas yang keliru...

0 komentar on Loading blog Berat,,Jangan selalu Menyalahkan Java script :

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..