Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

6 Tips Agar Pengunjung Merasa Lebih Nyaman di Blog Anda

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog

Ketika mampir ke sebuah blog, pernahkah anda merasa ingin cepat-cepat pergi meninggalkannya? (bukan karena terburu waktu lho). Pernahkah pula anda merasa betah ketika berlama-lama di dalamnya? Pasti ada something yang membuat anda merasa ingin cepat pergi atau malah ingin berlama-lama di dalamnya.


Nah, bagi sobat yang punya blog untuk dikunjungi oleh banyak orang (bukan cuma buat curhat untuk diri sendiri), pasti tidak ada yang ingin pengunjung blognya sekedar mampir, lalu beberapa detik kemudian ngacir entah ke mana Well, bagaimana ya caranya biar yang mampir di blog kita tidak cepat pergi?

Tips berikut ini mungkin bisa sedikit diaplikasikan.

1. Usahakan agar tampilan fisik blog anda tidak terkesan suram atau malah menyilaukan mata pengunjung

Kesan suram biasanya timbul dari pilihan warna background yang gelap.( maka dari itu saya ganti baju,sebelum ini kan gelap bajunya ,,heheh) Aura yang terpancar pun biasanya menyiratkan kesuraman Sedangkan kesan silau umumnya muncul dari pilihan warna background yang terlalu mencolok.

Solusinya : pilihlah warna background yang terkesan soft (lembut) dan cerah. Tidak harus putih sih. Jika tetap ingin menggunakan warna-warna gelap atau mencolok untuk latar, usahakan agar tidak terlalu dominan.

Sekedar penguat : survei pribadi saya menyimpulkan, bahwa blog-blog yang punya PR dan page-view tinggi umumnya punya tampilan latar yang cerah dan nyaman di mata.


2. Usahakan agar penempatan widget anda agar tidak terkesan terlalu ramai dan mengganggu tampilan postingan.

Yang termasuk widget di sini yaitu berupa banner iklan, text link, dan berbagai aksesoris pemanis blog. Kalaupun ingin menampilkan banyak widget, aturlah agar posisi penempatannya tersebar secara proporsional (tidak menumpuk pada salah satu bagian saja). Sebab jika penempatannya pas, maka widget-widget tersebut bisa mempercantik tampilan blog anda. Sebaliknya, jika kurang pas dan kurang proporsional dalam penempatannya, widget-widget tersebut malah akan mengacaukan tampilan blog anda. Efeknya bisa berdampak pada pikiran/mood pengunjung.

Jadi, pergunakanlah jiwa desainer atau jiwa seniman anda dalam hal ini.


3. Usahakan menulis konten/postingan secara maksimal, sesuai potensi dan kemampuan terbaik anda.Baca :7 Tulisan yang membuat blog anda selalu dicari

Kalau bisa 100% kenapa mesti cuma 50% ? Maksimal di sini bisa berarti detail, punya nilai manfaat bagi pembaca, dan tidak sekedar berupa postingan ‘kejar setoran’ Contoh, jika ingin menulis postingan yang berupa tutorial, maka tempatkanlah diri anda sebagai pembaca yang butuh sesuatu yang detail, lengkap, dan mudah dipahami. Atau kalau ingin menulis sebuah pengalaman pribadi, usahakan agar yang baca bisa memperoleh hikmah atau pelajaran untuk dipetik.

Maksimal bisa pula berarti melakukan pengeditan secara matang terhadap tata bahasa tulisan sebelum dipublish. Intinya, pergunakanlah segenap kemampuan penalaran, pengetahuan, atau keterampilan verbal anda ketika menulis. Maksimalkan jiwa seni dan jiwa penulis anda dalam hal ini.

Intinya, menulis posting secara maksimal akan lebih berpotensi untuk membuat pengunjung merasa lebih terkesan dengan blog anda. Efeknya, kemungkinan ia akan penasaran untuk membaca postingan-postingan lainnya. Dalam hal ini, tentunya pengunjung akan jadi lebih lama mampir bukan?


4. Gunakanlah gaya bahasa yang ramah, bersahabat, dan terkesan santai ketika ingin menulis sesuatu yang agak serius.

Lho, gimana tuh? Nah, saya sendiri dalam hal ini masih terus belajar bagaimana caranya. Bingung nggak? Namun pengertian santai di sini tidak selalu harus banyak menyelipkan guyonan dalam postingan. Sewajarnya dan seperlunya saja. Sebab kalau terlalu banyak guyonan malah akan bikin garing postingan anda. So, jadikan saja candaan sebagai bumbu.

Namun yang jelas, biasanya pembaca/pengunjung blog akan lebih mudah menerima sesuatu yang disampaikan dengan kemasan yang ramah, bersahabat, proporsional, dan santai (walaupun konteks yang dibahas adalah masalah serius).

Bandingkan dengan gaya bahasa yang terlalu ekstrim, kasar, dan penuh makian tanpa dasar argumentasi yang jelas/kuat. Pembaca pun biasanya akan mudah tegang bin mumet dibuatnya


5. Gunakanlah emoticon dalam postingan anda.

Sebuah emoticon (simbol emosi) tertentu yang diselipkan dalam salah satu bagian posting biasanya akan memberi nuansa tersendiri. Tidak peduli apa pun jenis emoticon-nya. Terlebih jika pemilihan jenisnya pas (sesuai konteks kalimat atau kata-kata sebelum penempatannya). Yang penting tidak berlebihan.

Oya, sebuah emoticon dalam bentuk senyuman yang terdapat pada sebuah posting akan memberikan kehangatan tersendiri bagi pembacanya. Efeknya pun bisa membuat pembaca merasa sedikit lebih nyaman (banyak juga nggak papa..hehe).


6. Pasanglah menu Recent Comments dan Categories pada blog anda.

Dengan adanya menu Recent Comments (komentar terbaru), pengunjung biasanya akan merasa lebih dihargai dan sekaligus lebih semangat untuk mengomentari postingan yang dibuka/dibacanya. Kenapa? Sebab ia merasa, jejak komentar yang ditinggalkannya akan mudah terlihat/terlacak oleh sang pemilik blog dan juga oleh pengunjung lain. Terlebih jika postingan yang dikomentarinya tergolong postingan lawas yang sudah tidak tampil lagi pada halaman utama.

Oya, jika trafik blog anda tergolong tinggi atau anda punya jalinan relasi yang luas dengan blogger lain, sebaiknya mensetting menu Recent Comments ini agar menampilkan minimal 10 komentar terbaru. Kalau trafik blog anda masih rendah, 5 komentar terakhir saja sudah cukup. Fasilitas Recent Comment ini bisa saja berbeda settingan defaultnya antara satu hosting blog dengan hosting blog lainnya.



Sedangkan adanya menu Categories (kategori posting atau label) akan mempermudah pengunjung untuk mencari/menemukan tema postingan yang sekiranya menarik minat atau sesuai kebutuhannya. Tentunya hal ini memberikan peluang untuk mengikat pengunjung (agar bisa lebih lama mampir di blog kita).

Keberadaan menu kategori ini sangat penting, terutama jika deretan postingan terbaru yang tampil pada halaman utama tidak ada yang menarik perhatian pengunjung untuk dibaca. Ini bisa saja terjadi, terutama jika pengunjung datang ke blog anda via halaman utama (home).



***

Nah, semoga keenam tips sederhana di atas bisa sedikit berguna bagi para sobat blogger sekalian. Saya sendiri masih belum maksimal dalam mengunakannya, terutama poin (2), (3), dan (4). Jika sobat ingin menambahkan atau mengoreksi, silakan sampaikan lewat kolom komentar di bawah ini.


(oya, ngomong-ngomong, blog ini belum tentu mampu membuat pengunjungnya merasa betah loh…soalnya masih banyak kekurangan yang mesti diperbaiki..hehehe)



Rekomendasi:

Apa yang harus dilakukan jika tidak ada peningkatan.?
9 Cara agar anda cepat dikenal dan menaklukan pengunjung
Cara submit artikel ke Lintas Berita


Referensi

17 komentar on 6 Tips Agar Pengunjung Merasa Lebih Nyaman di Blog Anda :

Download Film Subtitle (Indonesia) said... April 17, 2011 at 3:07 AM

Mas Rully terimakasih buatsharenya... saya sepertinya musti menganti tampilan blog saya niyh.. hehehe...
btw mas saya mau tanya tentang google adsanse... itu untuk apa siyh mas??? Maaf pertanyaannya udah keluar jalur artikelnya..hehe

Rully varadita said... April 17, 2011 at 3:21 AM

oh,tidak masalah mas keluar jalur akses,,

GOOGLE ADSENSE.itu adalah iklan yang seperti di blog ini,ketika ada orang yang klick iklan tersebut kita memperoleh $ dari google. Namun gampang gampang susah mas,,,

Tapi kalau misalkan mas minat,,silahkan dicoba,,

Mampir kesini mas,,http://www.ceritauniklucu.co.cc/2011/04/cara-daftar-google-adsense-melalui.html

Itu punya saya juga,,,silahkan dipelajari..

must_once said... April 17, 2011 at 3:43 AM

Yuhuuu, trims infonya sangat membantu.

Rully2 said... April 17, 2011 at 3:50 AM

@must_once terima kasih juga sudah berkunjung dan menyempatkan waktu untuk berkomentar..

myone1way said... April 17, 2011 at 5:30 AM

nih salah satu blog yg paling ocre, penulis sejati, ora pke copy paste...yg jelas berguna bagi pembaca + tulisannya bisa gue praktekin...tq mas rully

AcerNoval said... April 17, 2011 at 6:14 AM

aku cukup betah kok di blog ini.. tips2 nya bagus2... oh ya.. mau tanya.. kalau blog saya udah memenuhi syarat diatas gk?

Bengkalis Riau said... April 17, 2011 at 9:04 AM

hehehhe..Kalo saran saya Bang..jangan gnti2 template malah lari Pengunjung...kalo Template seger gini Kan enak di liat.....ringan lagiiii

ika said... April 17, 2011 at 10:12 AM

TQ mameeen... Aku suka-aku suka-aku suka-aku suka-

*Insya Allah Hampir semua sy terapkan.. tapi kayaknya Blog saya belum sempurna dimata pembaca T.T

ini blog saya: 123horas

Rully varadita said... April 17, 2011 at 11:58 AM

@ myone1way
Oke,terima kasih pujian nya,,semoga bisa membuat kita semua lebih profesional.

Rully varadita said... April 17, 2011 at 11:59 AM

@ Acernoval.
kalau betah jangan lupa bawa kasur ya ,,hehehe Kidding,

Rully varadita said... April 17, 2011 at 12:01 PM

@ Bengkalis Riau.
terima kasih fizan,,makanya saya ganti template yang ini,,oh ya sebagai rasa penghormatan kita sama yang disain template,alangkah baiknya kita tidak menghilangkan kredit template tersebut,,Bikin template susah lho.. heheheh

Rully varadita said... April 17, 2011 at 12:02 PM

@ ika, kalau kita mau berusaha,Insya Allah pemabaca juga akan melihat perubahan itu...dan mereka akan semakin BETAH di rumah anda,,,pengunjung itu ibarat "raja " lho.. hehehhe

Kian Coi said... April 18, 2011 at 1:15 AM

infonya bermanfaat sob..sukses terus

RULLY VARADITA said... April 18, 2011 at 1:46 AM

@ kian coy,,semoga artikel ini bisa kita terapkan di blog kita masing masing,,,terima kasih telah kembali ke sini,,selamat istirahat.

ViKrY'X MadZ said... April 20, 2011 at 1:18 PM

nice post...... :x hehehehehehehe

Rizkie Yudha said... May 3, 2011 at 12:38 AM

Kalo trik ane bikin blog kita jangan sampai berat,Biasanya jika pengunjung membuka blog kita dan ternyata lama loadnya karena berat dengan begitu pasti mereka akan mengenal blog kita karena lama loadnya dan tidak ingin berkunjung lagi sehingga die :ngacir ke blog tetangga :duka .lain halnya kalo blog kita ringan,pasti mereka betah berlama-lama di blog.karena loadnya cepet pasti mereka akan terus mengingat blog kita dengan keringannanya.....


Itu menurut ane. :malu2
SSTUJU atau tidak terserah anda saja....

Dhani said... July 1, 2011 at 12:43 PM

hmm.. saya rasa harus banyak belajar lagi nih soalnya blog saya berantakan mas. thanks info nya salam kenal..?

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..