Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

3 Tips Memilih Template yang bagus

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog

Seperti janji saya " Blog ini diupdate 3 kali dalam sehari" Makanya sekarang kita mulai update lagi yuk..kali ini dengan artikel 3 Tips Memilih Template Yang Bagus, Oh iya,sekali lagi saya saranin kalau ganti template dengan temlate gratisan,jangan hilangkan kredit nya,karena BIKIN TEMPLATE ITU SUSAH,iya kan,,Apakah ada diantara sobat yang bisa membuat template sendiri,?? saya mau belajar,,ehheheeh

Oke tanpa basa basi lagi,,udah ada yang gak sabar kaya'nya pengen baca artikel terbaru ,,( wuiihh lagaknya) .

“Blog anda boleh punya segudang artikel bagus dan bermutu. Namun kalau kurang jeli dalam memilih template, bisa-bisa para pengunjung cuma mampir sebentar karena merasa kurang nyaman”.

memilih template blogSebegitu pentingkah memilih template yang baik dan membuat nyaman pengunjung? Silakan dijawab sendiri deh. Buat saya pribadi, faktor template/theme yang digunakan suatu blog cukup berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Baik itu pada saat mengaksesnya, maupun saat proses loading telah tuntas.

Saya sendiri kadang suka gemes ketika menemukan sebuah blog dengan tulisan-tulisan yang bisa dibillang bermutu/berbobot, namun sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan pemilihan template yang baik.

Oleh sebab itu, kalau boleh memberi saran atau sedikit masukan, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal mendasar berikut ini ketika ingin memilih template untuk blog utama :

1. Pilihlah yang area postingnya bisa lebih cepat tampil saat diakses.

Sebisa mungkin, pilihlah template/theme yang loading area postingnya tampil terlebih dahulu sebelum bagian sidebar. Artinya, setelah bagian header muncul, maka diikuti oleh loading bagian area posting. Hal ini cukup penting agar pengunjung bisa segera membaca informasi/artikel yang dicarinya pada bagian kolom posting (sambil menunggu loading tuntas).

Ada beberapa template yang ketika diakses malah bagian sidebarnya duluan yang loading (mendahului loading area postingnya). Itu kurang baik untuk digunakan. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan gunakan template tersebut untuk blog utama anda.

2. Pilihlah yang ketika diakses (dalam proses loading), area posting dan seluruh area blognya tidak diselimuti oleh warna tertentu.


Saya cukup sering menemukan blog yang ketika dalam proses loading, tampilan area posting dan bahkan tampilan keseluruhan blognya diselimuti oleh warna gelap tertentu. Biasanya berupa warna background utama blog tersebut.

Yang agak menjengkelkan, ketika area posting sudah tampil dan siap untuk dibaca, warna gelap yang menyelimutinya terasa cukup mengganggu penglihatan (karena proses loading belum tuntas). Efeknya bisa membuat pengunjung malas untuk membaca artikel di blog tersebut, terutama ketika loading halamannya sangat lama (menunggu semua elemen halaman tampil, baru selimut gelap tersebut hilang).

Nah, oleh karena itu, sebaiknya pilihlah theme/template blog yang ketika diakses, warna latar background-nya tidak ikut menyelimuti tampilan halaman. Dalam artian, ketika masih dalam proses loading, area posting bisa langsung dibaca dengan enak dan jelas (tanpa gangguan selubung warna latar blog yang menyelimuti).

Misalnya warna latar area posting adalah putih. Maka ketika diakses, tampilan area posting langsung berwarna latar putih. Contohnya seperti pada blog ini ketika dalam proses loading Tidak ada selimut warna tertentu khan?

3. Pilihlah yang tampilan huruf dan paragraf pada area postingnya nyaman di mata.

Untuk poin ini, hindari pemilihan theme/template yang ukuran font pada area postingnya terlalu kecil, jarak spasi antar baris yang terlalu rapat, warna huruf yang kurang hitam, jenis huruf yang kurang nyaman dibaca, dan bahkan tampilan paragraf yang terlalu melebar. Semua itu bisa membuat mata pembaca jadi cepat lelah sehingga malas untuk berlama-lama di blog tersebut.

Untuk blog berplatform blogger/blogspot, poin ini bisa diakali dengan cara sedikit memodifikasi kode html untuk area posting. Caranya yaitu dengan mengubah default ukuran font (font-size), jarak spasi (line height), jenis font (font-family), dan ukuran padding (jarak margin area paragraf dengan bagian tepi kolom posting).

***

Nah, saya rasa 3 tips di atas sudah cukup sebagai bahan pertimbangan dalam memilih theme/template untuk blog utama. Sebagian dari anda mungkin menganggap 3 hal tersebut kurang penting atau bahkan dinilai remeh. Namun buat saya pribadi, 3 poin tersebut jika diperhatikan akan semakin membuat pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di blog kita.

Silakan ditambahkan jika ada masukan lainnya yang dirasa lebih penting...

saya tunggu masukan dari sobat semua ya,,jangan malas untuk berkomentar,,hehehe( gak maksa juga lho)


Rekomendasi

Kenapa Banyak BLOOGER Yang Gagal.?

Cara Agar Loading Blog Ringan


Membuat Blog Bersahabat Dengan Search Engine

________________________

Referensi

15 komentar on 3 Tips Memilih Template yang bagus :

Bang Ojeck said... April 17, 2011 at 12:31 PM

jika seandainya smua webmster brpkir sprti ini sya bakal rajin2 blgwalking. Klo yg bnyak varisasi sdh 1 menit bru headerx yg mncul kapan postingannya 3 menit kemudian. trus chatboxna 5 menit kemudian. trus cek ukuran blog ya ilah...!!! diatas 100kb. wkwkwkwkwk...!!!

Rully varadita said... April 17, 2011 at 12:36 PM

@ bang Ojeck,, heheh gak ada yang namanya NEWBIE dong nanti,,seperti saya,,heheh

Aby Pratama said... April 17, 2011 at 12:38 PM

Kalau Temlate yang SEO punya contohnya gmna gan??? ad demonya g'??

Rully varadita said... April 17, 2011 at 12:46 PM

@ banyak kok template yang SEO friendly,,seperti punya saya ini,,hasil karya kang OOM..banyak disana,,nanti kalau sempat saya bikin Artikel nya,,Insya Allah..

aciwan said... April 17, 2011 at 12:48 PM

wah pasti ke 3 itu ada di blog ini ya?
mantap!
nice info brother...

Rully varadita said... April 17, 2011 at 12:51 PM

@ aciwan, heheh kurang lebih ahmpir semua ada di blog ini,,,semoga berguna ya bro..

Fery said... April 17, 2011 at 1:57 PM

Info yang sangat bermanfaat sobat..

Rully varadita said... April 17, 2011 at 2:08 PM

@ Fery,,terima kasih sob,,semoga berguna ya,,,

Kakarmand said... April 17, 2011 at 4:39 PM

wah.. benar itu gan..

Rully varadita said... April 17, 2011 at 4:42 PM

@kakarmand.iya kang kita gak boleh asal gonta ganti baju,,,,kita perlu perhatiin efek nya kang,,iya kan..???

Kang Hady said... April 19, 2011 at 2:32 PM

hee ia neh bang, saya jg ngrasa agak kurang menarik template yg sya pke....
kalo boleh minta saran themenya yh?
http://ibnutanthowi.blogspot.com
:D

Rully Varadita said... April 19, 2011 at 2:54 PM

@kang hady..banyak tempalte yang bagus kok kang,,,gratis pula,,kalau bisa yang SEO friendly.heheeh seperti yang saya pake ini,,

Imagination more Important than Knowledge said... April 20, 2011 at 4:35 AM

iya kang q masih pilah pilih untuk template. blum nmu yg passs

ViKrY'X MadZ said... April 20, 2011 at 1:22 PM

sob.. ane pengen template kayak punya loe... hehehehehe Blogging is My Life

uraeka said... April 27, 2011 at 10:15 PM

terus saran template gratisan yang bagus apa?

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..