Kumpulan foto cewek cantik seluruh dunia

Perbedaan Blogspot Dan Wordpress

Share on :
Sumber : Cara Pasang Iklan Di Dalam Postingan Blog | Dodol Blog Copy Right @ 2011 All Rights Reserved Dodol Blog Banyak hal yang membedakan antara Blogspot.com dan Worpress.org (custom domain). Hal tersebut gue rasakan secara langsung ketika menggunakan kedua media Blog tersebut. Bahkan, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang terlihat sangat mencolok. Penasaran? soal Yuuk..kita intip sama-sama.







1. Template

Untuk template, keduanya menggunakan jenis ekstensi yang berbeda. WordPress menggunakan ekstensi jenis PHP, sedangkan Blogspot lebih memilih untuk menggunakan ekstensi jenis HTML (template classic) dan CSS (new template). Namun, keduanya sama-sama memiliki dukungan template GRATISAN yang sama banyak.

2. Plugins

Hal lainnya yang membedakan diantara keduanya adalah masalah dukungan Plugins. WordPress lebih diuntungkan dengan adanya Plugins yang memang sangat membantu. Lihat saja akan keberadaan plugins Akismet yang serta-merta akan langsung memblokir keberadaan komentar yang dianggap SPAM. Ditambah lagi dengan adanya Plugins SEO Pack yang sudah tentu akan membantu penggunanya untuk meningkatkan konten maupun blognya di mata Search Engine. Sedangkan bagi pengguna Blogger.com, hampir semuanya dilakukan secara manual. Untuk komentar SPAM, mungkin bisa diakali melalui proses moderasi terlebih dahulu. Namun untuk SEO? Yaa..harus diutak-atik sendiri templatenya, xixixi…

3. Custom Domain

Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering DOWN.

Sebenernya ada sih web yang menyediakan hostingan GRATIS, namun fiturnya tidak selengkap hosting berbayar dan bandwidthnya pun sangat dibatasi. Tapi…keuntungan yang akan didapat jika menggunakan hosting berbayar adalah soal kenyamanan. Jika menggunakan hosting berbayar, kita bebas melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan dibanned oleh Blogspot maupun WordPress karena melanggar TOS yang telah dibuat. Selain itu, Blog kita pun lebih terlihat profesional.

4. Fitur
Dari segi fitur, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini, Blogspot cenderung lebih unggul dari segi penggunaan. Blogspot lebih user friendly sehingga lebih mudah untuk digunakan. Fitur unggulan lainnya dari Blogspot adalah kemudahan dalam mengedit template, yakni dalam mengedit file HTML. Pada tata letak, kita juga diberi kemudahan untuk drag-and-drop. Untuk WordPress cenderung sedikit lebih ribet.

Blogspot juga diuntungkan dari segi monetize Blog. Blogspot langsung terintegrasi dengan Google Adsense dan Amazon, yakni pada menu Monetize. Sementara pada WordPress, tidak ada option tersebut. Namun, pengguna WordPress tetap dapat memonetize Blognya di Google Adsense dan Amazon dengan cara registrasi di situsnya secara langsung.

Eitz..untuk pengguna WordPress jangan langsung berkecil hati WordPress juga memiliki beberapa keunggulan dari segi fitur bila dibandingkan dengan Blogspot. Salah satu fitur unggulan tersebut adalah adanya fitur edit komentar. Jadi, komentar yang masuk di postingan kita bisa di edit sesuka hati, contohnya saja komentar yang berisi link maupun SPAM. Selain itu, fitur yang ditawarkan WordPress pada saat menulis postingan juga lebih lengkap bila dibandingkan dengan Blogspot. Hmmm…ada lagi nih, form komentar pada WordPress juga lebih user friendly. Sedangkan pada Blogspot, cenderung sedikit agak ribet (bagi pemula).

Oke, itu aja yang gue tau. Jika masih terdapat perbedaan di antara keduanya dan belum sempat gue bahas, tolong di share yah disini. Saling berbagi aja. Oh..ia, postingan ini sama sekali gak bermaksud untuk memecah belah ke dua kubu (Blogspot dan WordPress), lha wong saya menggunakan keduanya kok, hehehehe…

Dan perlu diingat, kedua media Blog tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, sekarang semua tergantung dari pilihan Anda, mau pilih Blogspot atau WordPress. ??

4 komentar on Perbedaan Blogspot Dan Wordpress :

lia mareza said... April 21, 2011 at 7:19 PM

yak betuulllll.....nice posting kak..:)

Rully varadita said... April 21, 2011 at 7:28 PM

@lia mareza waduh tumben ni si cicak,,,,, jauh jauh dari WP,,tau aja kalau bikin postingan WP..heheheeh

Bengkalis said... April 21, 2011 at 8:31 PM

Kalo saya WP jadi Dummy...untuk nyundul2,,hehehhe..kalo lebih Seo kyaknya WP ..indexnya Cepettt

Anak Petani said... May 22, 2011 at 11:24 AM

berarti harus menggunakan keduanya ya bos.. biar ngerasaain 2 kelebihannya hehe

Post a Comment and Don't Spam!

Sampaikan keluhan ,saran,atau pendapat tentang posting ini..